Nama Guru : Tri Nuri Hartini, S.Si, M.Pd
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XII IPA/IPS
Pertemuan :4
Kode KD
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu Menentukan jarak antar titik dalam ruang (Balok)
Materi : Jarak Titik ke Titik Pada Bangun Ruang (BAB I. Geometri Ruang)
Metode : pendekatan scientifik dengan model Discovery Learning
Strategi :
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
2. Guru menanyakan materi yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
" Sebutkan unsur-unsur pada kubus...?"
" Sebutkan rumus diagonal bidang ...?"
" Sebutkan rumus diagonal ruang ...?"
" Sebutkan rumus Phytagoras ...?"
Pada pertemuan ini mengkhususkan pada
menentukan jarak antar titik pada bangun ruang balok dan limas.
3. Siswa diminta menggambarkan bangun ruang (Balok ABCD.EFGH, dan Limas T.ABCD). Beberapa siswa diminta untuk menggambarkan di papan tulis, siswa yang lain menanggapi.
4. Guru menanggapi pekerjaan siswa, menguatkan jawaban siswa, bagaimana cara yang benar menggambar bangun ruang (Balok ABCD.EFGH, dan Limas T.ABCD).
5.
Siswa menyebutkan unsur-unsur pada balok (panjang, lebar, tinggi,
Diagonal Bidang, Diagonal Ruang), dan limas beraturan (rusuk tegak,
rusuk alas, tinggi limas).
6. Diberikan satu contoh balok ABCD.EFGH dengan panjang, lebar, dan tinggi diketahui Siswa berdiskusi menentukan jarak titik A ke titik B (panjang), jarak titik B ke titik C (lebar), Jarak titik A ke titik E (tinggi), Jarak titik A ke titik C (diagonal bid), Jarak titik A ke titik F (diagonal bid), Jarak titik B ke titik G (diagonal bid), Jarak titik A ke titik G (diagonal ruang).
7. Siswa mendefinisikan konsep jarak titik ke titik
8. Untuk bisa menjawab siswa mengingat kembali tentang rumus Phytagoras pada segita siku-siku.
9. Beberapa Siswa menuliskan jawaban di papan tulis. Siswa yg lain menanggapi
10. Siswa menarik kesimpulan.
Kesimpulan:
Untuk dapat menentukan jarak titik ke titik,
- gambar bangun runag
- tarik garis yang menghubungkan dua titik
- Gunakan rumus Phytagoras untuk menentukan diagonal bid dan diagonal ruang.
11. Untuk penguatan siswa diminta mengerjakan latihan 3 soal Essay.
Pengembangan Materi :
LATIHAN
1. Diketahui T.ABCD limas beraturan panjang rusuk alas 12 cm, dan panjang rusuk tegak 12akar2 cm. Jarak titik A ke TC adalah ...
2. Diberikan balok ABCD.EFGH dengan AB = 2 BC= 2AE = 2 cm. Panjang AH adal ...
PEMBAHASAN
Soal no.2 100% siswa dapat menjawab
Soal no.1 hanya 70% siswa yang bisa menjawab, karena soal no.2 adalah soal pemantik siswa untuk mempelajari materi yang akan datang (Jarak titik ke garis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar