Nama Guru : Tri Nuri Hartini, S.Si, M.Pd
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XII IPA3/ XII IPS2
Pertemuan : 5
Kode KD
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu Menentukan jarak titik terhadap bidang pada bangun Ruang ruang
Materi : Jarak Titik ke Bidang Pada Bangun Ruang (BAB I. Geometri Ruang)
Metode : pendekatan scientifik dengan model Discovery Learning
Strategi : Diskusi/ Tanya jawab
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
2. Guru menanyakan materi yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
" Sebutkan Langkah-langkah penyelesaian soal bangun ruang?"
" Sebutkan rumus diagonal bidang ?"
" Sebutkan rumus diagonal ruang ...?"
" Sebutkan rumus Phytagoras ...?"
" Sebutkan Rumus Konsep Segitiga?"
Pada pertemuan ini mengkhususkan pada
menentukan jarak antar titik pada bangun ruang balok dan limas.
3. Membangun konsep siswa tentang jarak titik kebidang, dengan contoh
4. Siswa mendefinisikan jarak titik terhadap bidang
5. Guru memberikan beberapa contoh soal menentukan jarak titik terhadap bidang
6. Siswa dan guru berdiskusi menentukan penyelesaian
10. Siswa menarik kesimpulan.
Kesimpulan:
Untuk dapat menentukan jarak titik terhadap bidang
- gambar bangun ruang
- tentukan bidang yang diminta
- Tarik garis dari titik yang tegak lurus terhadap bidang
- gunakanrumus Phytagoras
- gunakan rumus 1/3S.akar3
11. Untuk penguatan siswa diminta mengerjakan latihan 3 soal Essay.
Pengembangan Materi :
LATIHAN
Hal 6 No. 9
PEMBAHASAN
KESIMPULAN
Ketercapaian siswa kls XII IPA 3 adalah 100%, karena semua siswa dapat menyelesaikan latihan dengan nilai di atas KKM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar